Marketing Strategy, Product Strategy - Shaping Mall

1 Aug 2011

PRODUCT STRATEGY - SHAPING STRATEGY
by Bagus Ramadhan Wibowo
Management Development Program 2 PT Bank Bukopin
Based on Ujang Sumarwan Marketing Class Lecture of Graduate Program of Management and Business Bogor Agricultural University (MB-IPB)
Pak Ujang Sumarwan

Pak Ujang Sumarwan

www.ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id + Pemasaran Strategik (Strategic Marketing) + Perilaku Konsumen (Consumer Behavior) Book

SHAPING STRATEGY MALL
Pekembangan jaman saat ini sangat pesat, ditandai dengan kemajuan teknologi serta informasi. Kemajuan tersebut berdampak juga dibidang lainnya, antara lain dari segi hiburan. Jika dikerucutkan lagi, segi hiburan yang mudah didapatkan masyarakat Jakarta serta kota besar lainnya adalah dengan mengunjungi mall yang ada di pusat kota. Seiring meningkatnya jumlah masyarakat kota, maka kebutuhan akan hiburan juga beragam. Banyak mall di kota kota besar menyesuaikan diri seperti bentuk bangunan, jenis mall sendiri, event event spesial, serta konser musik di dalam mall, dan juga discount yang beragam.

Mall

Mall

Terdapat beberapa mall yang memiliki konsep bentuk yang santai seperti lounge yang menawarkan beragam tempat makan seperti mall yang berada di bilangan Cilandak dan Dharmawangsa. Kedua mall tersebut dikonsepkan food court mall untuk para konsumen yang membutuhkan ketenangan dan bersantai santai,serta untuk melakukan rapat singkat. Terdapat juga mall yang berkonsep full departement store seperti mall yang kebanyakan di Jakarta dan sekitarnya, yang menawarkan beragam hiburan serta tempat penjualan baju, alat rumah tangga, dan lainnya.

Mall sendiri mengadakan event event spesial seperti midnight sale. Hal tersebut dilakukan merupakan salah satu strategi mall yang digunakan untuk menarik pengunjung saat malam hari dengan memberikan kelebihan discount hingga setengah harga. Selain discount tengah malam, terdapat juga event ladies day yang ditawarkan oleh salah satu mall dibilangan Cilandak yang digunakan untuk menarik konsumen khususnya wanita. Ladies day menjadi salah satu keunggulan yang diberikan pihak mall karena mereka memberikan tawaran spesial kepada wanita untuk membeli baju, kalung, hingga pernak pernik lainnya dengan harga terjangkau.

Ladie Day

Ladies Day

Konser musik juga ditawarkan oleh setiap management mall untuk membuat pengunjung semakin nyaman. Saat ini hampir setiap mall yang ada di Jakarta memberikan konser musik baik yang berbentuk live maupun hanya memutar lagu sepanjang hari. Mall memberikan live musik yang beragam untuk membedakan setiap mall, seperti di mall yang berada di Cilandak menawarkan musik live akustik untuk menghibur pengunjungnya, berbeda lagi dengan mall yang terdapat di Pondok Indah yang lebih sering memberikan musik full band untuk menghibur pengunjungnya.

hall mall

hall mall

Berbeda lagi dengan musik dan konsep untuk mall yang berada di Jakarta Barat dan Jakarta Utara. Kebanyakan dari kedua mall yang berada di utara dan barat menyajikan hal hal yang berbau oriental. Hal oriental bisa dilihat dari patung yang berada di depan mall, lagu lagu oriental yang diputarkan untuk menghibur pengunjungnya. Terlebih lagi ketika menjelang hari raya Imlek, hampir semua isi mall dihiasi warna merah serta lagu lagu oriental dan angpao yang digantung di pohon pohon di dalam mall, serta aksi barongsai di lobby mall.

Aksi Barongsai

Aksi Barongsai

Perbedaan dari setiap mall pada dasarnya ingin membentuk image dari sebuah mall yang terus melekat pada setiap konsumen. Sehingga mereka selalu ingin mengunjungi mall tersebut dan kesuksesan dari setiap mall tidak terlepas dari kerja keras management dan juga strategi yang digunakan.


TAGS marketing


-

Author

Follow Me