Peran Warta - Negara

13 Nov 2009

Bagaimana peran pewarta-warga secara umum di dunia (bukan di Indonesia)
dalam memberikan informasi kepada masyarakat luas? Berikan contoh
nyatanya, dan sebutkan sumbernya!

Peran warta - negara secara umum di dunia pada saat ini sangat berperan penting dalam menyebarkan informasi yang berlangsung dan sangat aktual. Citizen journalism atau jurnalisme warga merupakan kegiatan dimana peran wartawan atau kegiatan jurnalistik bisa dilakukan oleh masyarakat yang secara formal bukan wartawan. Kegiatan yang dilakukannya sama dengan wartawan pada umumnya, yakni mengumpulkan informasi, menulis berita, mengedit dan menyiarkannya.
Saat ini pun ada tv internet yang menyajikan hasil semua dari liputan para pewarta negara langsung secara up date tanpa harus menunggu orang - orang yang ahli di bidang pemberitaan meliput.
Bicara soal peran dan fungsi citizen journalism ini tak lepas dari kebebasan masyarakat untuk menumpahkan seluruh isi kepala mereka. Tren blogger telah membuka mata masyarakat dalam hal tulis-menulis. Kegemaran masyarakat dalam hal menulis mulai dapat disalurkan dengan adanya perkembangan blog tersebut. Fungsi citizen journalism ini agar masyarakat yang memiliki ide tak sia-sia dengan munculnya blog-blog tersebut. Mereka bisa menulis sesuka hati mereka asalkan masih melihat sisi norma yang ada. Tren citizen journhalism tak dipungkiri memang mengubah sudut pandang masyarakat mengenai kegemaran online.


Apakah yang menjadi halangan/hambatan utama bagi pewarta-warga di negara
lain dalam menjalankan kegiatannya? Paparkan dan sebutkan sumbernya!

Adakalanya di salah satu negara ada beberapa hambatan, misalnya di Singapura dan Jepang tidak boleh meliput berita secara langsung, disediakan beberapa blok untuk mengambil berita, alasan dasar dari pelarangan peliputan adalah adanya hak priavasi dari warganya.
Hasil dari liputan yang dibuat kurang dapat dipercaya oleh masyarakat luas karena pewarta negara karena tingkat faktualitas dinilai kurang baik, tidak sebaik pewarta profesional.
Sifat citizen journalism yang memungkinkan semua pengakses internet dapat memasukkan informasi yang ia miliki melalui internet, dapat menyebabkan keadaan semacam penyalahgunaan wewenang oleh pengakses. Tidak adanya batasan yang jelas mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dimasukkan dalam internet telah membuat situs dan blog memuat informasi yang tidak seharusnya.


Apakah yang menjadi dasar pembeda antara pewarta-warga dengan pewarta
profesional? Jelaskan dan sebutkan sumbernya!

Pembeda dasar antara pewarta - negara dengan pewarta profesional adalah para pewarta warga tidak memiliki basic pendidikan akan jurnalis sehingga berita yang disampaikan tidak sesuai dengan kode etik jurnalistik. Pewarta negara juga ingin berbagi info yang ada dengan cepat dengan masyarakat luas,selain itu pewarta negara juga tidak ingin terikat oleh suatu kebijakan yang ditetapkan oleh suatu perusahaan media.

Pewarta profesional memiliki basic pendidikan jadi berita yang disampaikan atau ditulis lebih menarik serta lebih mudah bagi para pembaca untuk mengerti pesan apa yang akan disampaikan oleh penulis. Pewarta profesional

Apakah citizen journalism sama dengan civic journalism? bisa dibilang begitu, tapi cukup tidak adil memang bagi para pewarta profesional yang sudah melewati asam garam manis pahit asam asin kehidupan bila harus dibandingkan dengan seorang mahasiswa atau bahkan ibu rumah tangga yang bisa juga di sebut pewarta negara. Walau dasar pemahamannya itu sama, yaitu penyampaian informasi, namun tetap ada cakupan berbeda didalamnya. singkat ceritanya begini, pewarta profesional sudah pasti wartawan, pewarta negara juga bisa disebut wartawan namun belum tentu bisa melakukan hal lain yang dilakukan oleh pewarta profesional pada umumnya (dalam hal ini bisa kemampuan, otoritas, atau jabatan), apalagi blogger, seorang blogger memang menuliskan banyak informasi, namun apakah informasi yang dituliskan itu memiliki nilai kepentingan yang sama dengan apa yang ditulis oleh pewarta profesional pada umumnya.

sumber :
sumber satu
sumber dua


TAGS


-

Author

Follow Me